vaksin alami

Bagi kita manusia peranan vaksin itu sangat penting, demikian pula dengan hewan ternak, mereka juga harus dikasih vaksin untuk membantu melatih daya tahan tubuh. Sebenarnya, vaksin untuk hewan juga beragam seperti halnya vaksin untuk manusia. Jadi setiap penyakit memiliki vaksin yang berbeda beda pula.

Tapi kadangkala, untuk membeli vaksin itu rasanya sungkan. Selain karena harganya yang lumayan, kalau memilihara ayam hanya sedikit kan rugi jika banyak yang tersisa nantinya. Maka dari itu, ada orang yang berpikiran untuk membeli dedak dan pakan saja daripada untuk membeli vaksin. Namun anda sebenarnya tak boleh menyepelekan vaksin ini, karena dengan vaksin risiko terkena penyakit yang menyebabkan kematian dapat ditekan. Selain itu penyebaran penyakit juga bisa berkurang, bahkan tidak akan menyebar.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan pembahasan mengenai cara membuat vaksin alami dengan mudah dan tradisional. Seperti apa saja pembahasannya, silakan ikuti pembahasannya di bawah ini.

Cara membuat vaksin alami sendiri untuk unggas

Sebenarnya vaksin yang akan dibuat disini bukanlah vaksin dalam arti sebenarnya, melainkan “alternatif vaksin”. jadi bagi anda yang tidak memiliki vaksin, maka anda bisa menggunakan alternatif vaksin berikut ini yang akan saya jelaskan nanitinya.

Karena sebenarnya vaksin itu adalah bakteri maupun virus yang telah dilemahkan yang dimasukan ke dalam tubuh anak ayam atau anak unggas lainnya dengan disuntik, tetes mata atau lainnya dengan maksud untuk melatih daya tahan tubuhnya itu. Banyak tempat membeli vaksin di sekitar kita, tapi mungkin karena pengaplikasiannya yang sulit dan harganya yang mahal, maka kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Sedangkan alternatif vaksin yang akan saya bahas disini adalah untuk menambah daya tubuh. Jadi zat imun di dalam tubuh akan meningkat sehingga bisa untuk menangkal berbagai bakteri serta virus jahat yang dapat menyebabkan penyakit mematikan.

Kita tahu, saat masih berupa DOC atau DOD (anak ayam atau anak itik) mereka gampang mati, terutama saat musim hujan tiba. Itu karena daya tahan tubuh mereka lemah. Kalau yang sudah besar sedikit atau bahkan sudah besar pasti mereka akan bertahan dari penyakit itu dan lama lama juga akan sembuh. Nah maka dari itulah yang harus anda lakukan adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh unggas dengan melihat pembahasannya di bawah ini.

Bahan bahan yang perlu disiapkan:

  1. Daun sirih merah 4 lembar
  2. Bawang putih 2 siung besar
  3. Kunyit 1 ruas
  4. Temu putih 1/2 ruas
  5. Temu lawak 1 ruas
  6. Garam sepucuk sendok teh
  7. Madu 1 Sdt
  8. Air hangat secukupnya

Akan lebih baik lagi jika penyiapan berbagai bahan-bahan vaksin unggas tradisional di atas memperhatikan kualitasnya dan juga kebersihannya. Karena dengan menggunakan bahan di atas yang terpilih dengan kualitas baik dan juga memiliki kriteria kebersihan yang memadai, maka hasil yang didapatkan akan semakin bagus.

Langkah-langkah membuat vaksin

Langsung saja, inilah beberapa cara membuat vaksin alami untuk unggas yang bisa dibuat sendiri dari rumah:

  1. Campurkan semua bahan di atas kecuali madu dan air
  2. Tumbuk hingga halus lalu campurkan dengan air
  3. Saring dengan kain halus
  4. Tambahkan madu
  5. Siap diberikan ke anak ayam atau anak bebek dan itik

Cara ini bisa diulang-ulang selama 2 kali dalam seminggu atuau minimal seminggu sekali hingga anak ayam atau bebek berumur 2,5 bulan. Dengan menggunakan cara ini, diharapkan tubuh ayam akan kebal sehingga akan tetap bertahan hingga dia menjadi dewasa.

Mudah kan untuk membuat vaksin unggas alami? Silakan praktikan sendiri dari rumah ya kawan-kawan. Jika sudah jadi dan sudah dipraktikan, silakan infokan dimari ya tentang pengaruhnya, apakah berhasil ataukah tidak.

Setelah membaca artikel mengenai cara membuat vaksin alami sendiri untuk unggas dengan mudah, baca juga artikel lainnya yang bermanfaat di blog ini ya kawan. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Bookmark artikel ini agar bisa mendapatkan beragam informasi yang bermanfaat ya.