Jarang mendengar istilah dan namanya? Padahal, anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat darinya. Pengertian inositol sendiri merupakan senyawa kimia vitamin yang dikenal juga dengan nama vitamin B8 serta telah dianggap sebagai salah satu bagian dari vitamin B kompleks. Tetapi sayangnya, setelah diketahui bahwa tubuh kita pun mampu memproduksi inositol secara alami, maka banyak para ahli kesehatan sudah tidak lagi menganggapnya sebagai jenis vitamin, yang padahal masih mampu memberikan berbagai macam manfaat kesehatan untuk anda.

Untuk meningkatkan kadar dari inositol tentu bisa dengan melalui makanan. Beberapa jenis hidangan lezat yang bisa anda konsumsi diantaranya beras merah, buah citrus, kacang-kacangan (nuts), bibit gandum, sayuran berdaun hijau, sereal, tepung kedelai, dan roti gandum.

Inositol sendiri dapat ditemukan secara alami di otak dengan konsentrasi yang sangat tinggi dimana membantu berbagai macam fungsi neurotransmitter, sehingga membuatnya menjadi jenis nutrisi yang paling dikaitkan dengan fungsi saraf seseorang.

Manfaat Inositol bagi Tubuh Manusia

Tetapi manfaatnya tidak berhenti sampai di sana, karena anda pun masih bisa mendapatkan berbagai macam manfaat lainnya yang dapat anda petik darinya jika dikonsumsi secara teratur dan secukupnya. Tanpa berbasa-basi lagi,berikut adalah manfaat menakjubkan dari inositol untuk tubuh anda.

1. Mengatasi Gangguan Kecemasan dan Depresi

Dengan cara mengatur kadar hormon di otak dan bekerja sama dengan neurotransmitter, maka senyawa ini dapat membantu mengontrol kadar stres dan kecemasan anda, yang mana dapat memperbaiki suasana hati dan menghilangkan hampir semua gejala depresi.

Makanya tidak heran jika seseorang yang tengah mengalami depresi atau stres cenderung disarankan untuk mengkonsumsi suplemen inositol. Selain itu, anda pun bisa menggunakannya untuk mengatasi serangan kepanikan dan gangguan obsesif kompulsif.

2. Memperbaiki Sirkulasi

Selain memberikan manfaat pada otak, senyawa ini pun dikenal memainkan peran penting terhadap peredaran darah di seluruh tubuh anda. Dengan mengatur peredaran tersebut, maka inositol tentunya dapat membantu mencegah anda terkena aterosklerosis dan berbagai macam masalah jantung, sekaligus memastikan sisa tubuh anda untuk mendapatkan cukup oksigen dan sumber daya lain yang dibutuhkannya.

3. Meningkatkan Kesuburan pada Wanita

Beberapa wanita yang tengah berjuang untuk bisa hamil dapat menggunakan suplemen inositol demi meningkatkan kesuburan mereka. Dengan cara memperbaiki tingkat keseimbangan hormon di dalam tubuh seorang wanita, maka inositol tersebut dapat membantu menciptakan berbagai macam kondisi menguntungkan di tubuh termasuk kesuburan anda.

4. Mengatasi Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

PCOS merupakan gangguan hormonal yang mempengaruhi kaum wanita dimana dapat menyebabkan ovarium membesar dengan kista kecil di tepi luarnya. Tetapi untungnya, inositol dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut. Faktanya, seorang wanita yang kekurangan kadar inositol di tubuhnya cenderung beresiko terkena penyakit PCOS yang satu ini.

Menurut sebuah penelitian, kombinasi inositol dalam bentuk myo-inositol dan d-chiro-inositol dapat membantu menjaga endokrin dan kesehatan reproduksi anda yang tengah menderita PCOS. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi bagi anda untuk menghindari senyawa bermanfaat yang satu ini.

5. Mengatasi Autisme

Meskipun masih banyak kekurangan dari penelitian yang mempelajari efek inositol terhadap perkembangan otak anak, tetapi sudah ditemukan secara nyata bahwa kekurangan senyawa ini telah dikaitkan secara langsung dengan autisme terhadap anak-anak.

Tentu saja, anda harus terus berkomunikasi dengan dokter jika berniat memberikan suplemen yang ampuh ini kepada anak anda yang tengah menderita autisme. Karena dalam beberapa kasus, cara ini bisa sangat tidak dianjurkan kepada sebagian anak-anak.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Seiring dengan berjalannya usia anda, maka kapasitas saraf anda akan mulai semakin berkurang, sehingga sangatlah penting bagi anda untuk selalu menjaganya dan mencegah otak anda terkena stres oksidatif. Jangan lupa pula untuk selalu meningkatkan kesehatan komunikasi neurotransmitter dengan berbagai macam asupan makanan sehat, seperti inositol.

Dengan cara meningkatkan asupan makanan sumber inositol ke dalam sistem tubuh anda, maka anda pun cenderung mampu mengurangi resiko mengembangkan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

7. Mengurangi Perkembangan Diabetes Tipe-2

Beberapa wanita hamil terkadang selalu disarankan untuk mengambil suplemen inositol demi mengurangi resiko terkena diabetes gestasional, yaitu sejenis diabetes yang hanya berkembang ketika dalam masa kehamilan seseorang. Selain itu, asupan inositol juga dapat mengurangi kemungkinan anda terkena diabetes tipe-2 di saat yang bersamaan.

8. Membantu Mengurangi Berat Badan

Jika berbicara mengenai masalah menurunkan berat badan, maka ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan. Pada dasarnya, tubuh anda seringkali membutuhkan katalis untuk menurunkan berat badan sekaligus mengubah komposisi dasarnya. Inositol sendiri merupakan cara yang sangat baik dalam meningkatkan upaya penurunan berat badan anda dan merangsang metabolisme untuk mendorong pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga berimbas pada penurunan berat badan.

9. Mengatasi Masalah Tidur

Dengan cara mengatur hormon anda – termasuk jenis hormon yang mempengaruhi kualitas dan durasi dari tidur anda – suplementasi menggunakan gula alkohol bernama inositol ini tentunya dapat membantu anda yang tengah menderita insomnia, yaitu sebuah kondisi yang membuat anda kesulitan tidur atau tidak bisa tidur nyenyak sepanjang malam sehingga mempengaruhi kualitasnya.

10. Menguntungkan Tingkat Hormon

Selain dari keuntungan dan manfaat yang telah kami paparkan di atas, tingkat hormon anda pun terkena imbasnya secara positif. Salah satu efek yang paling menakjubkan dari senyawa ini di dalam tubuh anda terhadap hormon adalah kemampuannya dalam mengkomunikasikan antara otak dan bagian tubuh yang lainnya sehingga dapat berfungsi secara lebih optimal.

Efek Samping Inositol

Meskipun pada dasarnya alkohol gula ini sangatlah penting untuk kesehatan tubuh anda secara keseluruhan, tetapi masih menyimpan efek samping berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan atau anda salah mendapatkan dosisnya. Efek negatif ini terutama bisa terjadi kepada wanita yang tengah hamil dan menyusui.

  • Wanita Menyusui – Meskipun disarankan untuk mendapatkan asupan inositol sebelum masa kehamilan demi meningkatkan kesuburan, tetapi setelah anda memasuki periode kehamilan pastikan untuk menghindari asupan inositol dari suplemen secara total karena akan berpengaruh terhadap tingkat hormonal anda.
  • Mual – ketika pertama kali anda mulai mengkonsumsi suplemen ini, maka akan mempengaruhi sistem pencernaan anda secara negatif dengan berbagai macam cara, sehingga bisa menyebabkan anda mual-mual, sakit perut, bahkan hingga diare.
  • Gangguan Bipolar – efek dari senyawa ini terhadap otak anda sangatlah ampuh. Tetapi bagi mereka yang tengah menderita gangguan bipolar, mengkonsumsi inositol dalam bentuk suplemen malah bisa memperparah gejalanya.

Dosis Inositol yang Direkomendasikan

Meskipun terlihat mudah dalam mengatur asupan inositol untuk dimasukkan ke dalam daftar makanan anda, tetapi setiap orang biasanya memiliki kadar kebutuhan yang berbeda berdasarkan kondisi yang tengah mereka hadapi saat itu, terutama bagi mereka yang tengah menderita penyakit saraf.

Misalnya, jika anda ingin menggunakan senyawa ini untuk meningkatkan kesuburan dan mengatur hormon dalam tubuh, maka asupan inositol yang direkomendasikan adalah antara 2-4 gram. Tetapi bagi seseorang yang tengah menderita kondisi saraf, maka dosisnya bisa meningkat antara 12 hingga 20 gram per harinya.

Ada baiknya anda untuk selalu mendapatkan asupan inositol dari makanan secara alami. Tetapi jika anda berniat untuk mendapatkannya dari suplemen, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli atau dokter di kota anda.