Mungkin anda belum pernah berpikir sebelumnya untuk mengkonsumsi jus mentimun, karena memang tidak lazim dikonsumsi, terutama di Indonesia. Tetapi sama halnya seperti jus-jus menyegarkan lainnya, jus mentimun juga patut untuk dicoba karena menjadi sumber nutrisi yang terkonsentrasi yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan untuk anda.

Sesuai namanya, jus mentimun berarti berasal dari mentimun, yaitu sejenis sayuran hijau panjang dengan nama ilmiah Cucumis sativus. Tanaman merambat ini telah dibudidayakan di berbagai macam negara di seluruh dunia, terutama di negara Cina. Mentimun sendiri dilapisi dengan kulit yang tebal sehingga menjaga bagian dalamnya agar tetap segar. Selain digunakan untuk berbagai macam masakan, mengkonsumsinya dengan cara dijus pun bisa menjadi salah satu cara yang praktis untuk memetik berbagai macam nutrisi penting di dalamnya.

Sayuran mentimun sangatlah kaya akan vitamin K dan mengandung kadar yang cukup akan vitamin C, tembaga, magnesium, kalium, beberapa vitamin B, vitamin A, serat makanan, elektrolit, dan senyawa polifenol lain yang dapat mempengaruhi tubuh secara positif.

Apa saja Khasiat Jus Timun?

Karena kandungannya yang begitu menakjubkan, jadi pastikan anda untuk selalu mengkonsumsinya setiap saat agar bisa memetik berbagai macam manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Tetapi pastikan untuk mengkonsumsinya tanpa campuran apapun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari jus mentimun telah kami susun di bawah ini.

1. Mencegah Osteoporosis

Dikemas dengan mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium, jus mentimun sangatlah ampuh dalam menjaga kesehatan tulang sekaligus meningkatkan kepadatan mineral tulang, yang mana bisa membantu anda mencegah terkena osteoporosis dan penyakit tulang lainnya terkait usia.

2 . Meningkatkan Imun Tubuh

Kadar vitamin C yang menakjubkan dalam sayuran ini membuatnya menjadi pilihan yang terbaik jika anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Jus mentimun dapat merangsang produksi sel-sel darah putih yang mana merupakan garis pertahanan pertama dalam tubuh anda. Selain itu, jus mentimun juga berperilaku layaknya seperti antioksidan yang bertugas dalam mencari dan menetralisir radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh anda.

3. Menyeimbangkan Hormon

Kebanyakan orang selalu mengkaitkan antara kadar kalsium dalam darah dengan kesehatan tulang. Tetapi sebenarnya efeknya tidak berhenti sampai di sana, karena kalsium pun sebenarnya mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh anda. Jika kelenjar tiroid atau kelenjar pituitari anda mulai rusak dan mengalami malfungsi, maka sebagai gantinya kadar kalsium yang tinggi dalam jus mentimun akan membantu menjaga tingkat hormon anda tetap normal.

4. Mendetoksifikasi Tubuh

Selain semua kandungan yang telah disebutkan di atas, jus mentimun juga sangatlah kaya akan kandungan air sehingga sudah dikenal sebagai salah satu sayuran yang dapat menghidrasi anda. Ketika dikonsumsi dalam bentuk jus, terutama jika anda menambahkan sedikit lebih banyak air putih agar lebih mudah diteguk, maka cara ini pun akan memastikan tubuh anda untuk selalu mendapatkan cairan yang cukup sepanjang hari, dan memudahkan tubuh mendetoksifikasi dirinya sendiri dari racun.

5. Mengobati Masalah Pendarahan

Jika anda mengalami masalah pendarahan, dimulai dari mimisan dan menstruasi berat, hingga wasir dan gusi berdarah, maka kemungkinan besar anda tengah kekurangan kadar vitamin K dalam tubuh. Tetapi untungnya, vitamin jenis ini dapat dengan mudah bisa anda temukan dalam sayuran mentimun sehingga dapat membantu memicu koagulasi dan mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak dalam tubuh anda.

6. Memperkuat Sistem Saraf

Selain membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menjaga agar tingkat hormon anda tetap seimbang, kalsium juga ternyata berfungsi sebagai elektrolit dalam berbagai macam situasi, sekaligus memainkan peran penting dalam komunikasi sistem saraf ke otot-otot anda. Tingginya kadar nutrisi tersebut di dalam jus mentimun ini akan mengoptimalkan seluruh aktivitas fisik anda setiap harinya.

7. Mencegah Kanker

Beberapa bahan aktif dan senyawa tanaman yang disebut sebagai ‘lignan’ bisa anda temukan juga dalam sayuran mentimun, yang mana telah dikaitkan secara langsung dengan efek anti-kanker dalam tubuh. Dengan begitu, jus mentimun tidak hanya sangat baik sebagai langkah pencegahan resiko anda terkena kanker, melainkan juga berperan aktif dalam pengobatan tambahan untuk memperlambat penyebarannya.

Baca juga: Manfaat beras black madras

8. Melindungi Penglihatan

Jus mentimun juga mengandung kadar vitamin A dalam jumlah yang sedang, dimana berperan sebagai antioksidan dalam tubuh anda. Tentu saja, sudah banyak orang tahu bahwa vitamin yang biasa ditemukan dalam wortel ini mampu menjaga penglihatan seiring dengan berjalannya usia anda.

Sebut saja degenerasi makula, sebuah penyakit mata yang disebabkan oleh stres oksidatif di area tengah retina mata anda, sehingga akan menyebabkan ketegangan. Tetapi untungnya, jus mentimun dapat menghilangkan radikal bebas tersebut sebelum mereka melakukan kerusakan yang lebih serius lagi.

9. Perawatan Rambut

Selain dari meningkatkan kesehatan tubuh anda, jus mentimun juga bisa anda gunakan sebagai bahan kecantikan dan perawatan tubuh secara alami. Karena kehadiran nutrisinya yang begitu memukau, dimulai dari vitamin C, tembaga, vitamin K, dan berbagai macam senyawa sulfur di dalam jus mentimun, maka seringkali sayuran ini digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan kulit kepala yang bebas dari iritasi.

Sifat pendingin dan antioksidan yang bisa anda temukan dalam jus mentimun ini bisa meredakan peradangan dan memberikan nutrisi langsung ke area folikel rambut anda demi meningkatkan kilau dan kekuatan rambut indah yang anda miliki.

10. Facial Scrub

Mungkin anda sudah sering melihat seseorang yang menempelkan irisan mentimun tepat di atas kelopak matanya, tetapi sebenarnya jus mentimun pun bisa diaplikasika dengan cara yang serupa. Anda bisa membasuh wajah anda dengan jus mentimun secara langsung dalam bentuk pencuci muka yang menyegarkan. Cara ini bisa membersihkan pori-pori, melembabkan kulit, sekaligus memberi cahaya di wajah anda.

Efek Samping Jus Mentimun?

Tentu saja, setiap sesuatu yang positif terkadang akan diikuti dengan hal yang negatif pula, salah satunya adalah efek samping ketika anda mengkonsumsi jus mentimun yang terkenal dengan kemampuannya yang menghidrasi. Meskipun begitu, efek samping ini cenderung tidak mempengaruhi banyak orang sekaligus, tetapi hanya beberapa individu saja yang diduga merasa sensitif terhadap makanan tertentu.

Karena terkadang, terdapat pula sayuran mentimun yang telah terpapar oleh pestisida dan beberapa senyawa beracun, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedang dari waktu ke waktu, seperti 1 hingga 2 gelas per hari demi menghindari beberapa efek samping di bawah ini:

  • Reaksi Alergi. Efek samping ini sebenarnya tidak terlalu umum terjadi, meskipun beberapa orang telah mengalaminya setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Alergi tersebut bisa berupa pembengkakan pada bibir, gusi atau tenggorokan, susah nafas, hingga iritasi kulit.
  • Perut Kembung. Kelebihan asupan jus mentimun juga bisa menyebabkan anda mengalami perut kembung dan kelebihan gas dalam perut.
  • Masalah Ginjal. Karena kandungan kaliumnya yang tinggi, mengkonsumsi jus mentimun terlalu banyak juga ternyata dapat merusak ginjal anda, terutama jika anda telah mengembangkan sebuah kondisi yang disebut dengan hyperkalemia. Ini akan mempengaruhi fungsi otot dan kesehatan sistem saraf anda secara negatif.
  • Terpapar Pestisida. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kemungkinan sayuran mentimun terpapar pestisida sangatlah tinggi. Pastikan untuk selalu mencucinya hingga bersih sebelum anda mengkonsumsinya.

Tidak ada cara yang lebih baik mengkonsumsi jus mentimun dalam jumlah sedang, agar anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal sekaligus terhindar dari efek samping yang tidak menyenangkan.