Jika berbicara mengenai menurunkan berat badan dan berdiet memang hampir tidak pernah ada habisnya. Bagaimana tidak, jutaan wanita selalu berusaha untuk mampu menurunkan berat badannya, dan diantara yang berhasil akan terus berusaha untuk tetap menjaga berat badan mereka agar tetap ideal.

Meskipun kegemukan telah menjadi masalah umum di seluruh dunia, terutama di negara-negara maju dimana masyarakatnya cenderung selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi, tetapi sebenarnya penanganan dari masalah tersebut tidak pernah jauh-jauh dari dua hal dasar yang sangat penting, yaitu pola makan dan gaya hidup.

Namun alih-alih mencoba untuk mengubah kedua hal yang mendasarinya, banyak orang malah merasa malas dan lebih memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan atau pil penurun berat badan hingga melakukan operasi sedot lemak yang cenderung memiliki resiko dan efek samping lebih tinggi.

Nah, bagi anda yang benar-benar ingin menurunkan berat badan dengan cara yang lebih baik – bukan secara instant dan bermalas-malasan – maka anda bisa melakukan beberapa hal utama terlebih dahulu seperti mengubah pola makan, rajin beraktivitas fisik, dan merubah gaya hidup secara total menjadi lebih sehat lagi.

Cara Menurunkan Berat Badan

Untuk selanjutnya, kami akan paparkan beberapa strategi-strategi yang mungkin bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan, yang mana juga telah didukung oleh banyak penelitian dari pakar dan ahli kesehatan.

Ingin tahu apa sajakah itu? Dan berikut adalah tips-tipsnya untuk anda.

1. Minum Teh Hijau

Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat memberikan peningkatan metabolisme yang signifikan, sambil mendetoksifikasi tubuh dan memperbaiki kadar antioksidan dalam tubuh anda. Selain itu, anda pun tidak akan menemukan terlalu banyak kalori dalam teh hijau, tetapi anehnya masih bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Untuk alasan inilah, teh hijau bisa menjadi minuman menyehatkan yang harus anda dapatkan setiap harinya untuk membantu menurunkan berat badan anda.

2. Menaiki dan Menuruni Tangga

Alih-alih menggunakan lift atau eskalator, cobalah mulai dari sekarang untuk memilih menggunakan tangga setiap kali anda pergi ke mall atau ke kantor. Mungkin hal ini terlihat sangat sederhana, tetapi faktanya bisa memberikan hasil yang sangat besar terhadap upaya penurunan berat badan anda, sekaligus berfungsi sebagai pendorong kesehatan kardiovaskular anda sepanjang hari secara gratis. Sama halnya ketika anda ingin pergi ke suatu tempat dengan jarak 300 meter atau kurang, alangkah baiknya untuk berjalan kaki daripada menggunakan mobil atau sepeda motor.

3. Tidur Secukupnya tetapi Berkualitas

Mungkin ini termasuk salah satu tips terpenting yang harus anda lakukan. Disarankan untuk selalu tidur yang cukup secara teratur setiap malamnya. Dengan memperbaiki dan mendukung ritme sirkadian yang normal, maka anda akan memberikan tubuh lebih banyak waktu dalam memperbaiki dirinya sendiri, sekaligus membangun jaringan otot, membakar lemak, dan menurunkan tekanan di tubuh anda, yang mana semua faktor tersebut sangatlah berkontribusi terhadap penurunan berat badan anda.

4. Lawan Stres Anda

Jika anda tengah menderita stres kronis, maka kondisi tersebut akan mendatangkan malapetaka terhadap tubuh anda dan benar-benar dapat meningkatkan penyimpanan lemak di tubuh. Hal ini karena tubuh anda akan bereaksi terhadap stres itu sendiri dengan cara menimbun lebih banyak lemak agar bisa digunakan dalam situasi darurat di masa yang akan datang. Stres sangatlah buruk jika dibiarkan terlalu lama sehingga harus anda lawan secepat mungkin. Beberapa yang bisa anda lakukan adalah olahraga secara teratur, meditasi, yoga, hingga terapi.

5. Lakukan Latihan Aerobik

Sekali lagi para ahli mengatakan bahwa tetap aktif merupakan komponen kunci dalam menurunkan berat badan, sehingga jika berbicara mengenai diet penurunan berat badan, maka tidak akan sempurna jika anda belum melakukan latihan aerobik. Dimulai dari jogging dan berenang, hingga latihan lompat tali dan bersepeda, latihan aerobik tentunya dapat meningkatkan detak jantung anda secara sehat dan alami serta membakar kalori lebih banyak.

6. Olahraga Angkat Beban

Mengangkat beban juga sangatlah penting dan haruslah dimasukkan ke dalam daftar upaya anda menurunkan berat badan, karena latihan ini benar-benar dapat mengubah protein yang anda konsumsi ke dalam massa otot yang lebih berharga. Meskipun sebenarnya otot cenderung memiliki lebih banyak berat daripada lemak, tetapi selain karena menyehatkan, tubuh yang memiliki otot tanpa lemak memiliki daya tarik tersendiri untuk orang-orang di sekitar anda.

7. Hindari Minuman Soda dan Beralkohol

Cobalah untuk menghindari minuman dengan kadar kalori tinggi secara total ketika anda ingin menurunkan berat badan, terutama jika minuman tersebut dalam bentuk soda bergula atau bahkan alkohol. Jika cara ini dilakukan, maka anda akan mampu mengurangi ratusan kalori setiap harinya, sehingga mampu membantu upaya anda dalam mengurangi berat badan secara lebih mudah.

8. Makan di Piring Kecil

Dengan makan di piring yang lebih kecil, secara otomatis anda pun akan makan lebih sedikit. Tetapi makanlah lebih sering daripada biasanya agar anda terhindar dari kelaparan dan mampu merangsang metabolisme, serta melatih tubuh anda untuk merasa puas dan kenyang meskipun hanya makan sedikit saja.

9. Makan Lebih Banyak Serat

Dengan menambahkan lebih banyak serat ke dalam piring anda, maka anda pun akan merasa kenyang lebih cepat dari biasanya, sehingga bisa mengurangi resiko anda makan berlebih. Cara ini tentu bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan proses pencernaan anda.

10. Kurangi Karbohidrat

Di samping menaikan jumlah serat, anda pun harus mengurangi karbohidrat di saat yang bersamaan, terutama jenis karbohidrat sederhana yang cenderung lebih cepat dicerna oleh tubuh menjadi gula sehingga menaikkan resiko anda terkena diabetes sekaligus meningkatkan kemungkinan tubuh anda menyimpan lemak lebih banyak lagi. Selain itu, tingkatkan juga asupan protein karena bisa menjadi sumber energi yang lebih baik.

11. Cobalah Minyak Kelapa

Selalu pilih minyak goreng anda sebijak mungkin. Salah satu yang bisa anda gunakan adalah minyak kelapa yang sarat akan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua lemak ini cenderung tidak bisa anda dapatkan di jenis minyak goreng lainnya yang malah akan mendatangkan masalah kesehatan dan menghambat upaya penurunan berat badan anda.

12. Rajin Mengkonsumsi Makanan Pedas

Banyak jenis makanan pedas mengandung senyawa ampuh. Sebut saja capsaicin yang dapat merangsang metabolisme anda dan membantu membakar lemak secara lebih cepat dari biasanya.

13. Selalu Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Selain kaya akan nutrisi, anda pun bisa mendapatkan manfaat penurunan berat badan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah-buahan dan sayuran memang mengandung sejumlah manfaat lainnya termasuk antioksidan dan serat makanan, tetapi masih rendah kalori sehingga tidak akan merusak berat badan anda yang ideal.

14. Mengunyah Permen Karet

Secara psikologi, mengunyah permen karet dapat meyakinkan tubuh bahwa anda sudah terlalu banyak makan sehingga akan memberikan sinyal ke otak dan memerintakahkan tubuh anda agar tidak makan lebih banyak lagi. Selain itu, mengunyah permen karet juga akan merangsang produksi air liur sekaligus terhindar dari mengkonsumsi lebih banyak kalori, sehingga sangat menguntungkan bagi upaya menurunkan berat badan anda.